KETENTUAN KELUHAN DAN BANDING

INFORMASI



KETENTUAN KELUHAN DAN BANDING KLIEN




1. KELUHAN DAN BANDING


a. Materi Keluhan dan Banding


  • 1.Materi keluhan yang dapat ditindaklanjuti adalah yang disertai dengan bahan bukti yang relevan dalam proses verifikasi LK, penggunaan Tanda V-Legal, penerbitan Dokumen V-Legal, uji tuntas (due diligence) dan penerbitan Deklarasi Kesesuaian Pemasok.
  • 2.Materi banding yang dapat ditindaklanjuti adalah yang disertai dengan bahan bukti yang relevan dalam proses verifikasi LK, penggunaan Tanda V-Legal, uji tuntas (due diligence) dan penerbitan Deklarasi Kesesuaian Pemasok.

b. Pihak yang dapat mengajukan keluhan:


  • 1. Pemantau Independen kepada:
  • a. LVLK
    Untuk proses dan/atau keputusan penilaian/verifikasi serta kinerja Pemegang Izin atau Pemegang Hak Pengelolaan atau Pemilik Hutan Hak atau perusahaan yang melakukan pengangkutan produk industri kehutanan antar negara atau IRT/pengrajin, dan/atau penerbitan Dokumen V-Legal, dan/atau uji tuntas (due diligence) dan dalam hal sertifikasi terkait bahan baku yang menggunakan DKP.
  • b. KAN
    Untuk proses akreditasi, keputusan akreditasi, atau kinerja LVLK yang sudah memperoleh akreditasi
  • c. Kementerian melalui Direktur Jenderal
    Untuk proses penerbitan DKP atau hasil evaluasi pelaksanaan SVLK untuk perbaikan sistem atau kebijakan.
  • 2.Pemerintah dan/atau pemerintah daerah kepada KAN dan/atau Kementerian Kehutanan atas kinerja LVLK.
  • 3.Pemerintah dan/atau pemerintah daerah kepada Kementerian Kehutanan atas penggunaan Tanda V-Legal dan penerbitan DKP.
  • 4.Pemegang izin, Pemegang Hak Pengelolaan, atau Pemilik Hutan Hak, atau perusahaan yang melakukan pengangkutan produk industri kehutanan antar negara kepada LV-LK atas proses penilaian/verifikasi, LV-LK kepada KAN atas proses akreditasi.

c. Pihak Yang Dapat Mengajukan Banding :


  • Pemegang Izin, Pemegang Hak Pengelolaan, atau Pemilik Hutan Hak, Industri rumah tangga/pengrajin atau perusahaan yang melakukan pengangkutan produk industri kehutanan antar negara kepada LVLK atas keputusan hasil penilaian/verifikasi.

2. TATA CARA PENGAJUAN KELUHAN DAN BANDING


  • a.Keluhan atau banding disampaikan secara tertulis dengan dilengkapi dengan:
    1. Identitas yang mengajukan keluhan atau banding secara jelas sekurang-kurangnya berisi:
      1. Nama;
      2. Alamat;
      3. Nomor telepon yang bisa dihubungi dan/atau alamat email;
      4. Bahan bukti pendukung yang dapat dipertanggungjawabkan, meliputi:
        1. Data/informasi awal yang diperoleh dari berita media dan/atau kesaksian langsung narasumber (pemberi informasi, responden atau informan) yang dilengkapi dengan bahan penguat/ pendukung, namun belum diuji silang atau divalidasi.
        2. Data/informasi tak terbantah yang merupakan kesaksian langsung PI yang dilengkapi dengan bahan penguat/ pendukung, dan/atau data/informasi awal yang telah diuji silang atau divalidasi.
      5. Pernyataan bahwa informasi yang disampaikan adalah benar dan dibubuhi dengan meterai yang cukup.
  • b.Masa Pengajuan Keluhan dan Banding :
    1. Keluhan dapat diajukan sewaktu-waktu.
    2. Banding kepada LVLK diajukan selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kalender terhitung sejak disampaikannya laporan keputusan hasil penilaian/verifikasi.

3. PENYELESAIAN KELUHAN ATAU BANDING


    1. Penyelesaian Keluhan atau Banding
      1. Keluhan atau banding yang diajukan oleh Pemegang Izin atau Pemegang Hak Pengelolaan atau Pemilik Hutan Hak atau Industri rumah tangga/pengrajin atau perusahaan yang melakukan pengangkutan produk industri kehutanan antar negara:
        1. Keluhan atau banding terkait proses dan/atau keputusan penilaian/verifikasi serta kinerja ditujukan kepada LVLK dan ditembuskan kepada Direktur Jenderal
        2. LVLK mempelajari keluhan atau banding dan menanggapi secara tertulis relevansi keluhan atau banding dimaksud selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja terhitung sejak diterima keluhan atau banding.
        3. Tanggapan secara tertulis sebagaimana dimaksud butir b) di atas merupakan hasil analisis LVLK terhadap relevansi materi keluhan atau banding.
        4. Keluhan atau banding yang dinyatakan relevan diproses oleh Tim Ad Hoc Penyelesaian Keluhan atau Banding yang ditetapkan oleh LVLK.
        5. Tim Ad Hoc Penyelesaian Keluhan atau Banding menyampaikan laporan tertulis hasil investigasi yang berisi hasil uji materi serta rekomendasi penyelesaian keluhan atau banding kepada LVLK.
        6. LVLK menyampaikan jawaban tertulis kepada pihak yang mengajukan keluhan atau banding, berdasarkan laporan Tim Ad Hoc Penyelesaian Keluhan atau Banding.
      2. Keluhan yang diajukan oleh pemerintah dan/atau pemerintah daerah:
        1. Keluhan terkait verifikasi LK diajukan kepada Kementerian dan/atau KAN.
        2. Keluhan terkait Tanda V-Legal dan/atau penerbitan Deklarasi Kesesuaian Pemasok diajukan kepada Kementerian.
        3. Keluhan diselesaikan sesuai dengan prosedur yang ada pada Kementerian dan/atau KAN.
      3. Keluhan yang diajukan oleh Pemantau Independen:
        1. Keluhan yang diajukan kepada LVLK:
          1. Keluhan terkait proses dan/atau keputusan penilaian/verifikasi, kinerja dan penerbitan Dokumen V-Legal ditujukan kepada LVLK dan ditembuskan kepada Direktur Jenderal dan KAN.
          2. LVLK mempelajari keluhan dan menanggapi secara tertulis relevansi keluhan dimaksud selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja terhitung sejak diterima keluhan
          3. Tanggapan secara tertulis sebagaimana dimaksud butir (2) di atas merupakan hasil analisis LVLK terhadap relevansi materi keluhan.
          4. Keluhan yang dinyatakan relevan diproses oleh Tim Ad Hoc Penyelesaian Keluhan yang ditetapkan oleh LVLK.
          5. Tim Ad Hoc Penyelesaian Keluhan menyampaikan laporan tertulis hasil investigasi yang berisi hasil uji materi serta rekomendasi penyelesaian keluhan kepada LVLK.
          6. LVLK menyampaikan jawaban tertulis kepada pihak yang mengajukan keluhan, berdasarkan laporan Tim Ad Hoc Penyelesaian Keluhan.
        2. Keluhan yang diajukan kepada KAN:
          1. Keluhan terkait proses dan/atau keputusan akreditasi LVLK dan/atau penggunaan Tanda V-Legal diajukan kepada KAN dan ditembuskan kepada Direktur Jenderal.
          2. Keluhan diselesaikan sesuai dengan prosedur yang ada pada KAN.
    2. Tim Ad Hoc Penyelesaian Keluhan atau Banding
      1. Tim Audit, Pengambil Keputusan pada kasus yang menjadi materi keluhan atau banding, pihak yang mengajukan keluhan atau banding, pihak yang dikeluhkan, dan instansi pemerintah terkait tidak dapat menjadi Tim Ad Hoc Penyelesaian Keluhan atau Banding.
      2. Tim Ad Hoc Penyelesaian Keluhan atau Banding berjumlah ganjil, sekurang-kurangnya berjumlah 3 (tiga) orang yang memiliki kompetensi sesuai dengan materi keluhan atau banding.
      3. Anggota Tim Ad Hoc Penyelesaian Keluhan atau Banding, harus:
        • Independen, dengan membuat pernyataan ketidakberpihakan.
        • Memiliki kemampuan melakukan penilaian atas informasi yang disampaikan pada materi keluhan atau banding.
        • Memahami sistem verifikasi LK.
        • Memiliki wawasan interdisipliner dan mampu bekerja sama dengan anggota lain.
        • Memiliki integritas tinggi dan menjunjung objektivitas dalam proses penyelesaian keluhan atau banding.
        • Disepakati kedua belah pihak.
    3. Masa Penyelesaian Keluhan atau Banding
      1. Penyelesaian atas keluhan atau banding oleh LVLK disampaikan secara tertulis kepada pihak yang mengajukan keluhan atau banding selambat-lambatnya 20 (dua puluh) hari kalender terhitung sejak diterimanya laporan keluhan atau banding.
      2. Dalam hal keluhan atau banding yang ditujukan kepada LVLK tidak dapat diselesaikan oleh LVLK, keluhan atau banding dapat diajukan kepada KAN, dengan tembusan kepada Menteri c.q. Direktur Jenderal.
      3. Keluhan atau banding kepada KAN diselesaikan sesuai dengan ketentuan KAN
Selama proses penyelesaian keluhan atau banding, Sertifikat Legalitas Kayu (S-LK) yang telah diterbitkan tetap berlaku.